Ikan mas merupakan salah satu ikan yang paling mudah beradaptasi di Eropa, terutama di Britania. Ikan mas pertama kali dikembangbiakan di Inggris dan Wales dimulai sejak tahun 1300-an, ketika ikan mas mulai diimport dari daerah lain di Eropa, dan mulai dipelihara oleh masyarakat Britania di kolam ikan.

Saat ini, ikan mas biasa ditemukan di hampir setiap sungai dan danau di Britania. Dari mulai kolam di desa kecil, sampai sungai-sungai besar — ikan mas dapat dengan mudah kita jumpai.

Awalnya, ikan mas diperkenalkan oleh para bhikkhu sebagai sumber makanan. Setelah ikan mas mulai tersebar dimana-mana, mulailah para pemancing di Britania tertarik untuk memancing ikan satu ini.

Namun sayangnya, dengan keterbatasan informasi tentang ikan mas, beberapa pemancing merasa sangat kesulitan — bahkan beberapa menganggap ikan jenis ini tidak bisa dipancing.

Seiring dengan berjalannnya waktu, semakin bertambah pengetahuan dan teknik memancing ikan mas, yang berpuncak pada lahirnya teknik ledgering modern yang dipelopori oleh orang-orang seperti Richard Walker, pemancing legendaris asal Inggris.

Ikan Mas Menjadi Primadona Di Kalangan Pemancing Britania

Selama pertengahan abad ke-20, ikan mas menjadi semakin populer dan dicintai oleh pemancing di Britania. Pada tahun 1952, Richard Walker berhasil menangkap ikan mas dengan berat 40 pound pertama di Inggris.

Sejak saat itu, ikan mas telah menjadi spesies ikan yang paling diminati oleh pemancing. Hal ini terbukti dari survey telepon yang dilakukan oleh badan lingkungan Britania yang menunjukan bahwa 55% pemancing di Britania lebih memilih ikan mas daripada spesies ikan yang lain.

Dan saat ini, Ikan mas yang awalnya diperkenalkan sebagai makanan, lebih banyak dibudidayakan untuk olahraga memancing meskipun kita masih bisa menemukan ikan mas yang dijual di pasar sebagai bahan konsumsi.

Ikan mas babon eropaBerdasarkan catatan, ikan mas terbesar yang ditangkap di Inggris adalah seberat 60 pound (27 Kg). Meskipun ikan seberat ini sangat jarang ditemukan, namun ikan mas di Ingris biasanya tumbuh lebih 10 pound (4,5 Kg), dengan berat 20 pound (9 Kg) sebagai berat maksimal rata-rata ikan mas yang hidup di Inggris dan negara lainnya di benua Eropa.

Dibandingkan dengan ikan lain yang tumbuh dan berkembang di Eropa, ikan mas dianggap sebagai ikan dengan umur terpanjang. Berdasarkan catatan, ikan mas liar dengan umur terpanjang mampu bertahan hidup selama lebih dari 60 tahun. Tetapi sebagian besar, hanya mampu bertahan hidup selama 10 sampai dengan 20 tahun.

Jenis Ikan Mas Yang Hidup Dan Berkembang Di Britania

Common Carp – Ikan mas paling banyak ditemukan dengan ciri-ciri fisik yaitu sisik yang berwarna emas gelap, cenderung hitam dan sedikit perak.

Leather Carp – Dinamakan Leather (kulit) Carp karena diseluruh bagian tubuhnya seperti tidak memiliki sisik — hanya kulit saja yang terlihat. Namun tentunya ikan mas jenis ini masih memiliki sisik tapi jauh lebih sedikit dibanding ikan mas jenis lain. Leather Carp tumbuh lebih lambat dibanding spesies lain, yang disebabkan karena ikan ini memiliki lebih sedikit sell darah merah.

Mirror Carp – Ikan jenis ini memiliki sisik yang berkilau seperti cermin. Ciri-ciri fisik ini yang membuat Mirror Carp sangat mudah dikenali.

Linear Carp – Hampir mirip dengan Mirror Carp, namun memiliki garis sisik sepanjang gurat sisi saja. Karena fisiknya yang unik, banyak pemancing dan pembudidaya ikan mas menganggap ikan jenis ini adalah yang paling cantik dibanding jenis ikan mas yang lain.

Grass Carp – Jenis ikan mas yang paling banyak dibudidayakan karena selain rasanya yang enak untuk dikonsumsi, juga karena kemampuannya memberantas serangan gulma di air tawar. Tidak hanya di Britania, ikan ini populer di kalangan pembudidaya ikan air tawar di seluruh dunia termasuk di Indonesia.