Nikmatnya mancing itu ketika kita berhasil ngangkat banyak tanpa perlu keluar modal banyak sekali mancing. Umpan yang akan saya bagikan disini terbilang murah dan bisa digunakan untuk semua kondisi.

Untuk masalah keampuhannya, gak perlu ditanya lagi. Umpan ini pertama kali di share secara online di salah satu forum mancing hampir sepuluh tahun yang lalu. Dari semua yang nyoba, hasilnya kebanyakan merasa puas banget — NETER PARAH!

Sayangnya karena forumnya sudah lama tidak aktif, informasi tentang racikan umpan ini cuma jadi rahasia bagi beberapa orang yang pernah membacanya aja — termasuk saya hehehe…

Daripada cuma jadi rahasia aja, mending saya bagikan lagi di blog ini biar kamu dan angler yang lain bisa tahu resep umpan ikan mas murah yang satu ini, dan membuktikan sendiri gimana mantapnya umpan ini.

Langsung aja, kita mulai dari bahan-bahan yang digunakan.

Bahan-bahan Utama

Bahan yang digunakan sangat sederhana. Hanya ada lima bahan utama aja. Namanya juga umpan murah meriah hehehe…

Ini bahan-bahan yang digunakan:

  • 1 Bungkus Umpan Pancing Pa Ikin Merah
  • 1 Kaleng Deho Tuna Kaleng
  • 2 Sachet Susu Dancow Bubuk
  • 2 Butir Telur Bebek
  • 1 Lembar Daun Pandan Besar

Udah — cuma segitu aja. Kamu pasti bisa mendapatkan semua bahan-bahan diatas dengan gampang.

Kalau Umpan Pancing Pa Ikin gak ada di daerah kamu, bisa beli lewat toko online, atau bisa juga diganti dengan Ubi Matang.

Untuk masalah pakai kroto atau nggak, ini opsional aja. Gak pakai kroto juga gak masalah, karena kandungan protein di bahan-bahan utama sepertinya sudah cukup buat bikin nyi mas mau makan umpan kita.

Cara Pembuatan Resep Umpan Ikan Mas Murah Harian

Untuk pembuatannya, juga sama sekali gak ribet. Kamu beli bahan-bahan jam 9 pagi, jam 11 juga pasti udah siap mancing. Simpel banget!

Berikut Langkah-langkahnya:

  • Blender semua bahan — kecuali daun pandan — sampai benar-benar halus.
  • Bahan yang sudah halus kemudian dikukus bareng dengan daun pandan selama kurang lebih satu jam.
  • Berikutnya, tinggal tambahkan pengeras secukupnya aja. Dan umpan siap digunakan buat mancing! 👍

Khusus buat kamu yang mengganti Umpan Pa Ikin dengan Ubi Merah, cara mengolah umpannya sedikit berbeda.

Cara Mengolah Umpan Dengan Ubi Matang:

  • Blender Deho, Dancow, sama Telur Bebek sampai benar-benar halus.
  • Selanjutnya, tinggal kukus bahan yang sudah diblender dengan daun pandan.
  • Terakhir, campurkan Ubi Matang dengan bahan hasil kukusan tadi. Beres! 👌

Bahan Tambahan Untuk Attractant dan Trigger

Attractant ini fungsinya biar ikan ‘ngeuh’ dengan umpan kita, dan biasanya bisa membantu ikan cepat menemukan umpan kita. Penggunaan attractant terlihat dengan banyaknya ikan yang datang dan berkumpul di lapak kita. (Biasanya prepesan ada terus, dan mancing jadi lempar lep… lempar lep gitu 😁)

Dan Trigger fungsinya buat merangsang nafsu makan ikan biar mau cepet-cepet makan umpan kita. Dengan pakai bahan tambahan yang bisa Trigger nafsu makan ikan, gak masalah ikan lagi males makan… umpan pasti NETER terus!

Bahan tambahan apa yang diperlukan?

Untuk Attractant bisa pakai oplosan aroma. Tapi mungkin harus sedikit hati-hati dalam penggunaanya. Kalau takarannya salah umpan jitu kayak gini hasilnya bisa jadi jelek banget.

Untuk Trigger, ada beberapa bahan yang biasa kamu gunakan:

  • Vanillin. Cukup pakai 1 Sachet Vanilli bubuk cap Garuda, atau merk lainnya juga bisa.
  • Garam. Gunakan garam non-yodium. Cukup 5 gr aja.
  • Vetsin (Penyedap Rasa). Penggunaan vetsin gak usah banyak-banyak, seujung sendok teh aja biasanya udah cukup.

Pilih salah satu aja dari bahan-bahan untuk Trigger diatas. JANGAN DIPAKAI SEMUA.

“Kok jadi banyak bahan gini? Jadi gak murah lagi dong?”

Ini bahan tambahan aja. Jadi gak wajib buat digunakan. Kalau mau hasilnya lebih bagus, dan ada budget lebih, silahkan digunakan.

Kalau gak mau ribet, saya biasanya pakai kombinasi Berkley Oil Bait nomor 9 dan 11.

Essen Ikan Mas Harian

Berkley Oil Bait ini bisa dipakai sebagai Trigger dan Attractant sekaligus karena gak cuma kuat aroma aja, tapi ada kandungan feromone-nya juga.

Jadi gak perlu lagi nambahin bahan-bahan diatas ke racikan umpan yang digunakan, cukup tetesin aja beberapa tetes… umpan siap digunakan!

Karena dibikin dari konsentrat, satu botolnya bisa awet sampe satu tahun. Pokoknya irit lah 😁

Kalau mau nanya-nanya tentang Berkley Oil Bait, langsung aja hubungi lewat WA ke nomor dibawah:

☎️ 0822-1767-9770

Tapi balik lagi, mau pakai bahan tambahan apa aja — ataupun gak pake sama sekali — semua balik lagi ke pilihan masing-masing. Tergantung seberapa niat pengen ngangkat banyak hheu…

Okay segitu dulu buat artikel kali ini. Silahkan dicatat semua bahan-bahan yang saya sebutkan diatas.

Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis aja langsung di kolom komentar dibawah. Kita sharing dan berbagi ilmu. 🙏

Good luck!