Umpan Ikan Mas Paling Jitu Tanpa Kroto

umpan ikan mas paling jitu tanpa kroto

Ada buaaanyak banget pemancing yang langsung hilang percaya dirinya ketika memancing tanpa kroto. Seolah-olah, cuma kroto yang bisa bikin umpan jalan. Padahal faktanya, tanpa kroto pun gak ada masalah. Karena itu, di artikel ini, saya akan membagikan salah satu umpan ikan mas paling jitu tanpa kroto. Buat kamu yang lagi bingung mau mancing tapi gak ada dana buat beli kroto, simak artikelnya sampai selesai.

Sebelum kita bahas bahan-bahan dan cara pembuatan umpannya, kita bahas sedikit tentang peranan kroto dalam umpan. Ini penting banget, biar kamu gak terlalu bergantung lagi sama kroto dan bisa dengan mudah mencari alternatifnya.

Tapi kalau gak punya waktu, silahkan klik disini untuk langsung ke bahan dan cara pembuatan umpan.

Kenapa Ikan Mas Tertarik Dengan Kroto?

Konon katanya (kata ilmu pengetahuan), ikan mas itu kodratnya adalah ikan herbivora (pemakan tumbuhan).

Terus kenapa dia suka sama bau anyir dan bahan umpan yang mengandung protein hewani seperti kroto?

Ada dua alasan:

  1. Pencernaan ikan mas itu sulit mencerna makanan, dan protein hewani itu lebih mudah dicerna daripada protein nabati. (Ini juga jadi alasan kenapa umpan harus dihaluskan dulu)
  2. Pola pemberian makan ikan mas budidaya yang biasanya menggunakan pellet. Biasanya, pellet ini terbuat dari campuran cacing, telur ayam, dll. Karena kebiasaan ini, ikan mas budidaya (yang biasa kita pancing) jadi terbiasa mengkonsumsi protein hewani.

Karena dua alasan di atas ikan mas tertarik dengan aroma amis dari kroto.

Biasanya, ikan mas yang masih kecil lebih bernafsu kalau mencium aroma anyir dari kroto. Karena siklus perubahan selera makan ikan mas, yang sudah kami bahas dalam artikel Resep Umpan Ikan Mas Babon Lomba—Murah Tapi Jitu!

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan adalah…

Bahan Protein Hewani Kan Banyak? Kenapa Kroto Lebih Bagus Hasilnya?

Karena kadar proteinnya yang lebih besar dari bahan lain.

Bahkan dibandingkan sama telur bebek yang baunya amis banget, riset menunjukan kroto masih menang dalam hal kadar protein.

Ini juga alasan kenapa kroto bisa bikin umpan biasa aja bisa tetep ngangkat banyak ikan. Gak perduli seberapa minimnya kandungan protein di umpan kamu, kalau udah pake kroto pasti jalan tuh umpan.

Itu alasan kenapa kroto jadi primadona di kolam pemancingan.

Solusi Bikin Umpan Ikan Mas Tanpa Kroto

Sekarang kita tahu kalau sebenarnya bisa aja mancing tanpa kroto.

Bahkan hasilnya bisa tetap sebagus ketika kita menggunakan kroto

Solusinya juga sebenarnya gampang banget—tinggal maksimalkan kadar protein di umpan kamu buat menutupi kekurangan protein tanpa adanya kroto.

Ingat yah, yang harus ditambah itu kadar protein—bukan sekedar aroma amisnya aja.

Bingung gimana caranya?

Gak perlu khawatir!

Kami sudah siapkan contoh umpan ikan mas tanpa kroto yang bisa langsung kamu coba, dan bisa kamu jadikan sebagai contoh pembuatan umpan hasil kreasi kamu sendiri.

Langsung saja, kita mulai dari bahan-bahannya.

Bahan-Bahan Umpan Ikan Mas Jitu Tanpa Kroto

bahan-bahan umpan ikan mas paling jitu tanpa kroto
  • 3 butir telur bebek (ambil kuningnya saja)
  • Deho mini yang harga Rp. 10.000
  • 1 sachet susu dancow
  • 1 Bungkus Tepung Salmon Bakar

Seperti yang bisa dilihat, karena tidak ada kroto, bahan-bahan umpan dominan menggunakan bahan yang mengandung protein hewani. Aromanya juga amis—pake banget!

Hasil uji coba umpan ini lumayan banget. Kami coba bisa podium dua, cuma kalah empat ekor dari yang podium satu.

Yah, walaupun biaya belanja bahannya gak murah-murah banget, tapi masih lebih murah daripada harus beli kroto. Dan pastinya, bisa balik modal dari hasil amplop hehehe…

Sekarang kita bahas cara pembuatan umpannya.

Cara Pembuatan Umpan Ikan Mas Jitu Tanpa Kroto

  1. Pertama, ambil kuning telur dan masukan kedalam wadah
  2. Tambahkan deho mini, haluskan.
  3. Seduh 1 sachet dancow dengan air hangat, campurkan dengan bahan lain.
  4. Masukan 1 bungkus Tepung Salmon Bakar
  5. Aduk semua bahan sampai benar-benar merata

Sampai sini pasti udah kecium bau amisnya yang kuat banget.

Mau lebih bagus lagi hasilnya? Bisa coba ditambahkan ikan kurang lebih 2 kg. Ikannya di blender, terus campurkan ke umpan yang sudah dibuat. Hasilnya pasti tambah joss lagi!

Bahan Tambahan—Gunakan Penguat Umpan (Attractant)

Biar umpannya tambah mantap lagi, bisa ditambahkan penguat umpan atau attractant seperti Omega 9 atau Essen Berkley Oil Bait (Nomor 11s).

Buat Omega 9, kami kurang tahu seberapa banyak takarannya. Mungkin dicoba 2-3 sendok.

Untuk Essen Berkley Oil Bait, cukup teteskan 1-2 tetes saja ke adonan umpan. Kemudian aduk kembali biar formula penguat umpannya tercampur rata di umpan kamu.

Ada pertanyaan tentang nyoba umpan ikan mas paling jitu tanpa kroto ini? Silahkan langsung menulis di kolom komentar di bawah. Yang mau ngasih tambahan juga dipersilahkan berkomentar dibawah 🙏

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Tulis komentar di bawah 👇👇👇

Download eBook Resep Umpan Ikan Mas Racikan Juara GRATIS!

Bukan cuma kumpulan resep biasa yang bisa kamu temukan dengan mudah di Internet. Ebook ini berisi kumpulan umpan yang dikumpulkan langsung dari suhu-suhu yang sudah sering juara.

Umpan musim hujan. Umpan harian. Umpan siap tarung khusus lomba. Semuanya ada dalam eBook ini!