Waktu hujan turun sebenarnya adalah waktu paling asik buat mancing. Saat suhu air mulai turun, ikan biasanya jadi lebih agresif mencari makanan. Mereka jadi lebih aktif berenang karena kandungan oksigen di dalam air yang bertambah.

Tapi pernah gak ngerasa susah mancing ikan mas kalau hujan udah turun?

Umpan yang tadinya galak banget, tiba-tiba langsung gak jalan begitu air hujan makin deras turun ke permukaan kolam.

Kok bisa kayak gini?

Ada banyak banget faktornya, seperti…

  • Lumpur di kolam yang tebal, yang naik ke permukaan ketika hujan turun. Bau lumpur ini menyebabkan ikan susah menemukan umpan kamu dengan indra penciumannya.
  • Cacing dan serangga yang keluar dari tanah dan ikut tersapu oleh derasnya air. Secara alamiah, inilah makanan asli ikan mas, jadi gak aneh kalau ikan mas lebih memilih hewan-hewan kecil ini daripada umpan racikan kamu yang dibuat selama berjam-jam.
  • Ada pemancing yang menggunakan essen secara berlebihan. Pernah denger kan kalau hujan turun umpan harus lebih tajam lagi aromanya? Nah karena ingin membuat umpan mereka lebih tajam aromanya, mereka langsung menambah dosis essen yang mereka gunakan. Tapi hasilnya, justru menganggu indra penciuman ikan mas, yang akhirnya bikin mereka bingung mencari makanan.

…Dan masih banyak lagi.

Terus apa yang harus dilakukan? Apa cukup pasrah aja nunggu hujan reda, dan berharap umpan bisa jalan lagi?

Tenang… Gak usah khawatir, disini saya akan membagikan racikan umpan ikan mas khusus buat musim hujan.

Bahan Umpan Ikan Mas Musim Hujan

  • Telur Bebek — Ambil putih telurnya aja kira-kira 1 gelas kecil.
  • Wijsman dipanaskan sampai cair, dan ambil cukup dua sendok makan aja.
  • Susu Dancow bubuk satu sachet.
  • Keju Craft secukupnya aja (boleh diganti dengan keju lain)
  • 1 Bungkus Umpan Pancing Pa Ikin (warna merah).
  • Ikan Cue Salem 2-3 ekor. Ambil putihnya saja.
  • Kroto 2 ons. Kalau mau lebih bagus, bisa pakai krotonya 2,5 ons.
  • Mie Instant diblender sebagai pengeras umpan.
  • Berkley Oil Bait Nomor 4 & 11 — Kombinasi khusus untuk air dingin.

Silahkan ambil kertas sama pulpen dulu, dan silahkan dicatat bahan-bahannya.

Disini yang paling penting adalah pemakaian kroto. Penggunaan kroto yang bisa dibilang lebih banyak dari umpan pada umumnya berfungsi untuk membuat ikan lebih tertarik ke umpan kamu, daripada ke serangga yang terbawa air hujan sampai ke permukaan kolam.

Selain itu, umpan ini juga ada kandungan anyiran water base dari Ikan Cue Salem yang fungsinya biar ikan bisa cepat menemukan umpan kamu.

Ditambah lagi, adanya margarine Wijsman, susu, dan keju yang bikin kandungan gizi umpan ini — terutama Asam Amino — bagus banget. Sensor alami ikan mas itu sensitif banget terhadap Asam Amino, jadi kalau ada tiga bahan ini, dijamin umpan kamu pasti neter terus!

essen untuk umpan ikan mas musim hujanTerakhir adalah Berkley Oil Bait Nomor 4 & 11 yang memang dibuat khusus buat musim hujan. Penggunaan kombinasi Berkley Oil Bait ini terbilang unik dibanding essen lain, karena makin dingin air, umpan bisa makin neter.

Selain itu, Berkley Oil Bait juga dibuat dengan kandungan ferromone murni yang tinggi — Fungsinya buat ngumpulin di lapak kamu. Karena ferromone dideteksi oleh indera khusus yang bereaksi terhadap rangsangan kimiawi… ikan bakal tetap ngumpul biarpun indra penciuman ikan terganggu karena bau lumpur atau volume essen yang terlalu banyak di air kolam.

Sekarang kita lanjut ke cara pembuatannya…

Cara Pembuatan

  • Ambil baskom, dan masukan semua bahan kecuali kroto, Ikan cue salem, dan Umpan Pancing Pa Ikin. Aduk semua bahan sampai rata.
  • Masukan kroto, dan aduk lagi sampai merata. Masukan adonan umpan kedalam kantong plastik, dan kukus sekitar 30-45 menit. (Pengukusan di bolak-balik)
  • Untuk Ikan Cue Salemnya, bersihkan bagian hitam dari tubuh ikan dan ambil daging putihnya saja. Masukan ke dalam kantong plastik, kemudian tambahkan air panas dan diamkan. (Keringkan airnya ketika mau dipakai)

Sampai sini persiapan umpan sudah siap untuk dibawa di kolam. Untuk langkah selanjutnya dilakukan langsung di kolam.

  • Di kolam, siapkan baskom dan gunakan untuk mengolah umpan. Haluskan Ikan Cue Salem, lalu masukan Umpan Pa Ikin merah. Aduk sampai merata.
  • Selanjutnya, masukan umpan yang tadi sudah dikukus ke dalam baskom.
  • Teteskan Berkley Oil Bait nomor 4 & 11. Masing-masing cukup 2-3 tetes aja, gak usah banyak-banyak. Segini juga udah bisa bikin umpan musim hujan kamu jadi gacor.
  • Aduk-aduk lagi semua bahan sampai benar-benar merata.
  • Tambahkan mie instant yang sudah diblender tadi secukupnya aja untuk mengatur kekerasan umpan.
  • Umpan siap digunakan!

Silahkan dicoba umpan ikan mas musim hujan ini. Dan siap-siap merasakan sensasi feeding frenzy yang lagi menggila.

Ingat ya, pakai umpan ini suhu air makin dingin, umpan kamu bakal lebih galak lagi. Jadi kalau seharian cuaca terus mendung dan hujan… siap-siap aja tangan pegel strike terus-terusan hehe.

Oh iya satu lagi, biarpun lagi asik mancing, udahin mancingnya kalau petir udah mulai terus-terusan menggelegar. Bahaya. Joran, benang yang basah, dan reel di tangan kita itu konduktor listrik. Jangan sampai faktor keselamatan dilupakan karena keasyikan mancing pake umpan ini.

Segitu dulu sharing umpan kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!